PROFIL MADRASAH
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MALANG II KOTA MALANG
1. Sejarah Madrasah
Berdasarkan SK Menteri Agama RI No 16. Tahun 1978 bahwa Pendidikan Guru
Agama Negeri (PGAN) Putri yang terletak di Jl. MT. Haryono 139 Dinoyo
Malang mengalami perubahan struktur organisasi, yaitu untuk kelas 4, 5
dan 6 menjadi MAN Malang 1 yang sekarang berada di Tlogomas Malang,
sedangkan kelas 1, 2 dan 3 menjadi MTs Negeri Malang 2 yang sekarang
berada di Jl Raya Cemorokandang 77 Kedungkandang Malang sejak tahun
1991. Dalam kurun waktu tersebut, kepemimpinan MTs Negeri Malang 2 telah
mengalami beberapa kali pergantian.
2. Kepemimpinan Madrasah
- Husen Maksun, BA (1978 s/d 1987)
- Drs. H. Masrur (1987 s/d 1994)
- Drs. H. Ridwan Adnan (1994 s/d 2002)
- Dra. Hj. Istutik Mamik (PLT) (1 - 1 - 2003 s/d 1 - 4 - 2003)
- Drs. Mohammad Taufik (2 - 4 - 2003 s/d 27 - 6 - 2003)
- Dra. Hj. Khoiriyah MS, M.Ag (28 - 6 - 2003 s/d 12 - 12 - 2012)
- Pono, S.Ag, M.Pd (13 - 12 - 2012 s/d Sekarang)
3. Visi Madrasah
“Menjadi Madrasah Berstandar Nasional Yang
Unggul, Islami, dan Kompetitif”
Adapun indikator terhadap terwujudnya
visi tersebut adalah :
- Terpenuhinya standar nasional pendidikan
- Unggul dalam prestasi bidang akademik
- Unggul dalam prestasi bidang non akademik
- Berbudaya Islami yang kokoh yang bersumber dari nilai iman dan taqwa terhadap Allah SWT
- Mampu bersaing di tingkat lokal, regional, nasional dan global
4. Misi Madrasah
- Mengembangkan madrasah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
- Menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual, aktif, kreatif, berbasis ICT, sehingga dapat mengembangkan kompetensi peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Memfasilitasi, dan menumbuhkembangkan kemampuan, bakat dan minat peserta didik sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal
- Mengembangkan dan menguatkan ciri khas Islam dalam struktur penyelenggaraan pendidikan.
- Menumbuhkembangkan kesadaran beribadah bagi seluruh warga madrasah sesuai dengan ajaran Islam
- Menumbuhkembangkan sikap dan prilaku Islami bagi seluruh warga madrasah sehingga terbentuk akhlakul karimah
- Menumbuhkembangkan sikap dan kepekaan terhadap lingkungan madrasah baik fisik maupun non fisik sehingga tercipta lingkungan madrasah yang harmonis, kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, bersih, sehat, indah dan nyaman
- Menumbuhkembangkan kebanggaan terhadap prestasi dan budaya kerja yang bermutu
- Terwujudnya standar madrasah sesuai dengan standar nasional pendidikan
- Tercapainya prestasi dalam bidang akademik
- Tercapainya prestasi dalam bidang non akademik
- Terwujudnya ciri khas Islam baik secara struktur maupun kultur
- Terciptanya lingkungan madrasah baik fisik maupun non fisik yang harmonis, kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, bersih, sehat, indah dan nyaman
- Terwujudnya kebanggaan terhadap prestasi bagi seluruh warga madrasah dan tumbuhkembangnya budaya kerja yang bermutu