BULAN YANG SANGAT MENEGANGKAN .......!!!

Bulan Juni dan Juli adalah waktu yang cukup memberikan kesibukan tersendiri bagi peserta didik dan orang tua yang anak berada di level tertinggi dari masing-masing jenjang pendidikan. Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas VI, Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas XII.
Hal ini dinyatakan sebagai masa cukup menyibukkan bagi siswa selaku peserta didik di masing-masing level pendidikan, orang tua juga tidak kalah sibuknya. Apabila dilihat dengan jelas pada bulan Juni di masing-masing jenjang pendidikan disibukkan adanya agenda tahun sekolah/madrasah berupa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan memberikan pengukuran dan menentukan lulus tidaknya siswa selaku peserta, juga pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS)/ Ujian Akhir Madrasah (UAM) sebagai pendukung tentang sejauhmana pengetahuan dan wawasan peserta didik selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar di masing-masing jenjang pendidikan.
Sedangkan bulan Juli adalah bulan yang cukup memberikan kesibukan bagi orang tua, kenapa dikatakan demikian. Karena dalam bulan ini orang tua menyiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan kelangsungan dari lanjut tidaknya studi putra dan putrinya yang tentunya telah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya lewat hasil Ujian Nasional (UN). Pemilihan lembaga pendidikan didasarkan atas berbagai pertimbangan, dari sekian banyak pertimbangan atau alasan yang digunakan lebih banyak didasarkan karena omongan dari orang tentang sekolah/madrasah tanpa melihat langsung profil lengkap dari sekolah atau madrasah tujuannya. Agar dalam pemilihan lembaga pendidikan tidak salah, tentunya hal yang bisa dilakukan adalah mengali informasi yang selengkapnya tentang apa dan kayak apa lembaga pendidikan sekolah/madrasah yang mana akan dititipkannya putra putrinya. Hal ini untuk menghindari adanya penyesalan di kemudian hari.
Ada kebahagiaan ada pula kesedihan, suatu kesedihan dialami oleh siswa dan orang tua yang dinyatakan anaknya tidak lulus dari jenjang pendidikan yang diikutinya, tentunya hal ini janganlah membuat anak dan orang tua berkecil hati bahkan sampai patah semangat dalam meraih pendidikan yang tinggi, banyak cara yang bisa dilakukan dengan mengikuti Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK) Paket A, B, C. Hasil dari UNPK dapat digunakan meraih cita-cita mengapai level pendidikan yang tinggi setara dengan pendidikan formal.
Akhirnya teruslah mencapai level pendidikan yang seoptimal dan setinggi-tingginya, karena dengan berbekal iman dan ilmu akan memberikan kenikmatan tersendiri serta mendapatkan derajat yang lebih tinggi. Selamat datang dan selamat belajar siswa baru, kobarkan semangat haus akan ilmu pengetahuan sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. (Fa)

Komentar