Lebih dari 13 Ribu Sekolah Lulus 100 Persen

Jakarta --- Kementerian Pendidikan Nasional --- Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengungkapkan, ada delapan sekolah (67 siswa) yang tingkat kelulusannya nol persen, dalam pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMA/MA 2010. Sekolah tersebut terdapat berada di Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara. Masing-masing satu sekolah di tiap-tiap provinsi, kecuali di Sulawesi Tengah terdapat dua sekolah. Sebaliknya, terdapat 13.014 sekolah yang siswanya lulus 100 persen atau 1.179.579 siswa.


Dari sekolah yang siswanya lulus 100 persen, hampir separuh lebih atau 54 persen berakreditasi A dan 23 persen berakreditasi B. "77 persen sudah terakreditasi A dan B, sehingga punya korelasi positif terhadap kelulusan 100 persen. Dan juga sebaliknya kalau ditarik yang nol persen, yang belum terakreditasi 33 persen dan terakreditasi B 40 persen," katanya Senin (31/05) sore di kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

Menteri Nuh mengatakan, bagi siswa yang belum lulus ujian nasional ulangan, diberi kesempatan untuk mengikuti ujian Paket C, atau mendaftar kembali sebagai siswa tahun pelajaran 2010-2011, untuk mengikuti ujian pada tahun depan, atau istirahat dan ikut ujian pada tahun depan.

Kepada sekolah dan siswa yang berprestasi meraih nilai rata-rata terbaik, Presiden RI secara khusus akan memberikan piagam. "Kami siapkan piagam sebagai kenang-kenangan. (Ini) cara beliau memotivasi dan mendorong siswa. Bentuk penghargaan lain menyusul," katanya. (nasrul)

Komentar