MTsN 2 Kota Malang Membumikan Sholawat


Kota Malang (MTsN 2)- Senin (23/10), keluar dari rutinitas upacara, hari ini warga MTsN 2 Kota Malang melaksanakan aktivitasnya di Masjid. Masih dalam nuansa Hari Santri Nasional, pakaiannya pun juga menyesuaikan. Bagi kaum adam mengenakan baju koko, bersongkok, dan bersurban. Bagi kaum hawa mengenakan busana muslimah, khusus untuk ibu guru dan karyawan mengenakan krudung hitam.
Usai laksanakan sholat dhuha, seluruh siswa, bapak ibu guru dan karyawan bersama-sama membaca shalawat nariyah. Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidina Muhammadilladzii tanhallu bihil ‘uqad, watanfariju bihil kurab, wa tuqdhaa bihil hawaa’ij, wa tunaaku bihirraghaa’ib, wa khusnul khawaatimi wayustasqal ghomaamu biwajhihil kariim, wa‘alaa aalihi, wa shahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu milak,  sholat tersebut dibaca masing-masing 41 kali.
Pada pagi itu pula,  Kepala MTsN 2 Kota Malang menyampaikan bahwa membaca sholat merupakan tanda kecintaan kepada Nabi Muhammmad SAW. Bahkan, Allah dan para malaikat pun juga bersholawat pada Nabi Muhammmad SAW. Sebagaimana yang disampaikan dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.” (ha)

Komentar